Pages

09 Januari 2010

Hidup Itu sungguh Berharga

Kiranya tidak ada orang yang mau duduk dan mati di kursi listrik. Mungkin orang gila pun tidak mau mengalami kematian yang keji seperti itu. Namun seorang lelaki Lituania berusia 70 tahun malah membuat sendiri kursi listrik yang lantas dipakainya untuk membunuh dirinya. Ia ditemukan tewas di apartemennya di Kauna, Lithuania, oleh sanak saudaranya.

Pria ini tidak meninggalkan pesan apa-apa. Secarik kertas tulisan tangan pun tidak ditemukan di sekitar apartemennya. Orang menduga bahwa pria ini mengalami stress yang berat, sehingga ia tega mengakhiri hidupnya dengan cara yang keji itu. Barangkali ia tidak lagi menemukan makna kehidupan ini bagi dirinya sendiri.

Barangkali bagi pria ini ia sudah cukup menjalani hidup yang begitu lama. Ia memiliki tanggung jawab atas dirinya sendiri, sehingga ia berani memilih sendiri cara untuk mengakhiri hidupnya.

Hidup itu hak yang paling azasi bagi setiap orang. Tanpa hidup, orang tidak bisa lagi meneruskan kegiatan-kegiatan yang berguna bagi diri dan bagi sesamanya dalam hidup ini. Orang mengalami suatu saat yang stagnan dengan hilangnya hidup ini.

Karena itu, hidup itu sangat berarti dan bermakna bagi hidup manusia. Semestinya manusia mensyukuri hidup yang telah dianugerahkan Tuhan kepadanya. Hidup itu rahmat istimewa yang diberikan Tuhan kepada manusia. Untuk itu, manusia tidak punya hak untuk menghentikan hidupnya.

Jalan kematian itu suatu misteri yang akan sampai pada setiap orang. Ada saat di mana hidup itu akan berakhir. Karena itu, orang tidak bisa menentukan kapan hidupnya berakhir. Apalagi merancang sendiri kematiannya. Orang seperti ini lancang terhadap hidupnya sendiri. Ia sok berkuasa atas hidupnya. Padahal hanya Tuhan yang punya kuasa atas hidup manusia.

Setiap agama mengajarkan umatnya untuk mempertahankan hidup ini. Karena itu, mari kita berjuang untuk terus-menerus mempertahankan hidup kita apapun kesulitan yang kita hadapi. Hidup itu berharga di hadapan Tuhan, sehingga Tuhan tetap memelihara kita dengan rahmatNya apapun kondisi manusia itu. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

NB: Dengarkan Renungan Malam di Radio Sonora (FM 102.6) untuk mereka yang tinggal di Palembang dan sekitarnya, pukul 21.55 WIB.

Juga bisa dibaca di: http://inspirasi-renunganpagi.blogspot.com




289
Bagikan

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.