Pages

26 Juni 2011

Terbuka terhadap Perubahan Zaman



Mencermati hidup manusia, manusia selalu hidup dalam perubahan. Perubahan itu terjadi dalam pertumbuhan fisik, berbicara, intelektual dan psikologi serta spiritual. Manusia yang terbuka terhadap perubahan akan mengalami kemajuan dalam hidupnya. Hanya orang yang ingin menggapai kesuksesan dan kesejahteraan dalam hidupnya akan membuka dirinya terhadap perubahan itu.

Seorang gadis menyadari bahwa hidup ini unik dan selalu berubah. Ia mengaku mesti menerjang berbagai aral yang menantang untuk menerima perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidupnya. Ia berhasil. Ia menggapai cita-citanya menjadi seorang guru. Ia mulai membangun hidupnya dengan menjadi guru dan pendidik.

Ia mengaku, awalnya ia mengalami kesulitan-kesulitan dalam mengajar dan mendidik. Namun berkat keterbukaan hatinya terhadap berbagai perubahan, ia pun mulai merasa percaya diri. Ia yakin, apa yang ia ajarkan di kelas memberikan hal-hal yang berguna bagi kehidupan banyak orang.

Untuk itu, ia berani melakukan inovasi-inovasi dalam setiap pelajaran yang ia berikan. Ia tidak hanya menggunakan metode-metode yang biasa-biasa saja. Ia menggunakan metode-metode alternatif yang membantu murid-muridnya maju dalam pendidikan mereka.

Sahabat, kita hidup dalam dunia yang cepat berubah. Sepuluh tahun lalu, misalnya, di kota Palembang belum kita jumpai mall-mall. Namun sekarang ada berbagai mall yang menjadi pusat perbelanjaan bagi masyarakat. Ini suatu perubahan. Masyarakat Palembang hidup dalam perubahan seperti ini. Kalau orang tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi, orang akan mengalami kesulitan dalam hidupnya. Orang akan menemukan bahwa orang mengalami berbagai hambatan dalam hidupnya.

Untuk itu, orang mesti menyiapkan dirinya untuk menghadapi berbagai perubahan yang terjadi. Orang juga mesti berani melakukan inovasi-inovasi dalam hidup ini untuk dapat mengimbangi perubahan yang terjadi. Tentu saja hal ini tidak mudah. Orang mesti berani menghadapi resiko-resiko yang akan terjadi, ketika orang berani melakukan inovasi dalam hidupnya.

Kisah tadi mau mengatakan kepada kita bahwa inovasi yang dilakukan dengan metode-metode baru dalam mengajar itu membantu orang untuk berhasil dalam hidupnya. Sebagai orang beriman, kita diharapkan senantiasa melakukan inovasi-inovasi dalam perjalanan hidup ini. Ada banyak kemungkinan yang terbuka luas bagi kita untuk meraih hidup yang sejahtera.

Mari kita terus-menerus berusaha untuk terbuka hati terhadap berbagai perubahan zaman. Hanya dengan membuka hati, kita dapat meraih kesuksesan dan kesejahteraan dalam hidup. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

710

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.