Pages

12 Agustus 2011

Menumbuhkan Keseimbangan dalam Hidup


Keseimbangan hidup merupakan dambaan setiap orang dalam hidup ini. Orang yang dapat menciptakan keseimbangan dalam hidupnya akan menemukan hidup ini begitu bermakna. Hidup ini memilki suatu kegembiraan yang luar biasa. Orang akan menjalani hidup ini dengan suatu optimisme yang tinggi.

Untuk itu, orang mesti fokus pada tujuan hidupnya. Orang tidak bisa hidup semau gue. Orang mesti memiliki rencana-rencana hidup yang pasti. Bukan asal hidup dari hari ke hari. Orang yang asal hidup saja akan menemukan hidup ini kurang bermakna. Hidup ini akan membosankan. Dan orang seperti ini akan menjalani hidup ini dengan penuh pesimisme. Tentu saja kita tidak mau seperti ini.

Jessica Alba, seorang aktris Hollywood membutuhkan keseimbangan hidup itu. Ia ingin menjalani hidup ini secara normal. Ia tidak mau hidup seperti peran-peran yang ia lakoni dalam film-film yang dibintanginya. Walaupun tahun ini mendapatkan banyak proyek pembuatan film, Alba menuturkan, yang menjadi prioritasnya bukan lagi karier di dunia layar lebar.

Alba yang bermain dalam film berjudul The Killer Inside Me ini berkata, ”Prioritas saya berubah sejak punya anak. Sekarang fokus saya bagaimana memberikan yang terbaik untuk anak. Jadi, saya harus menemukan keseimbangan antara menjadi ibu di rumah dan bekerja.”

Ia ingin menjalani hidup ini secara normal. Ia butuh keseimbangan untuk memiliki hidup yang normal itu. Ibu dari Monor Marie ini berkata, ”Sehari-hari saya adalah orang normal, yang bergaul bersama keluarga dan teman-teman secara normal. Saya tetap warga biasa, meski bekerja sebagai pemain film.”

Sahabat, tentu kita semua ingin menjalani hidup ini secara normal. Artinya, kita mendambakan keseimbangan antara hidup sehari-hari dengan pekerjaan kita. Kita tidak ingin pekerjaan atau karier kita menguasai seluruh hidup kita. Kita tidak ingin hidup kita dikuasai oleh kesibukan-kesibukan kita di luar rumah saja.

Kita butuh waktu untuk menjalani hidup ini secara normal bersama orang-orang yang kita cintai. Kita ingin mengungkapkan kasih kita kepada sesama melalui kehadiran kita yang intens di dalam keluarga kita. Kita tidak hidup hanya untuk bekerja atau mengejar kesuksesan dalam karier. Tetapi kita hidup untuk membahagiakan diri kita dan orang-orang yang kita cintai.

Karena itu, kita butuh keseimbangan dalam hidup ini. Kita butuh keseimbangan dalam membangun relasi dengan sesama. Kita butuh keseimbangan dalam kehidupan rohani kita. Kita butuh keseimbangan untuk membangun relasi pribadi dengan Tuhan yang kita imani melalui doa-doa kita.

Ketika keseimbangan itu terjadi dalam hidup ini, kita akan mengalami suasana yang membahagiakan. Kita akan mengalami betapa hidup ini memiliki makna yang begitu dalam bagi kita. Kita akan mengalami bahwa Tuhan pun menjadi dekat dengan kita. Tuhan peduli terhadap hidup kita.

Karena itu, mari kita berserah diri kepada Tuhan. Dengan cara ini, kita dapat tetap setia kepada Tuhan dan sesama. Kita dapat membangun keseimbangan itu bersama Tuhan. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ



756

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.