Pages

16 Juni 2012

Membangun Kesetiaan Sejati dalam hidup Nyata

Apa yang akan Anda lakukan untuk mempertahankan kesetiaan Anda? Tentu ada banyak cara.

Ada seekor anjing yang setia menemani seeorang anak berusia 4 tahun di sebuah stasiun di kawasan penghasil anggur. Suatu ketika anak kecil itu tersesat saat ia berjalan bersama anjingnya. Anak itu sangat ketakutan, apalagi malam yang dingin begitu gelap.

Apa yang ia lakukan? Anak kecil itu berlindung di balik semak-semak. Ia juga memeluk anjingnya itu erat-erat, agar terhindar dari dinginnya malam itu. Keesokan harinya terjadi heboh atas diri anak itu. Orangtuanya mesti mencarinya ke mana-mana. Pihak polisi mengerahkan helikopter untuk mencari dirinya. Sementara anak itu hanya bisa mendengar suara helikopter. Dengan anjingnya, ia berjalan mencari rumah terdekat.

Setelah lama mencari, anak itu ditemukan bersama anjingnya. Anjing itu sangat setia kepada anak kecil itu. Ia tidak meninggalkan anak itu berjuang sendirian. Bahkan saat mendekati sebuah rumah, anjing itu menggonggong keras-keras. Dengan demikian, tuan rumah itu keluar dan menemukan anak yang dicari keluarganya bersama anjing itu.

Anak itu mensyukuri kesetiaan anjing itu. Ia kemudian memberi hadiah makanan yang paling enak bagi anjing itu. “Anjing ini sudah menyelamatkan saya dari bahaya di malam yang gelap. Saya terbebas dari rasa dingin di malam hari. Sungguh baik dan setia anjing ini,” kata anak itu.

Sahabat, kesetiaan sepertinya mulai memudar dalam hidup manusia. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam hidup ini terjadi ketidaksetiaan. Dalam hidup berkeluarga, misalnya, ada suami yang mengingkari kesetiaannya. Padahal saat menikah, ia berjanji setia sehidup semati dengan istrinya. Atau ada juga istri yang selingkuh dengan pria idaman lain. Akibatnya, kehidupan rumah tangga menjadi berantakan. Korbannya adalah anak-anak yang tidak mendapatkan cinta yang sejati dari orangtuanya.

Kisah di atas mau memberikan kepada kita suatu motivasi untuk tetap saling setia dalam hidup ini. Kesetiaan memberikan kedamaian dalam hidup. Kesetiaan mampu menyelamatkan kehidupan bersama. Anjing yang setia itu mampu menyelamatkan anak itu dari rasa dingin di malam hari. Anak itu boleh merasakan kehangatan. Anak itu boleh menemukan rasa damai dan tenteram di malam yang gelap gulita.

Membangun kesetiaan yang sejati tidak gampang. Ada banyak godaan terhadap seseorang untuk mengingkari kesetiaan yang telah diikrarkan. Namun orang mesti tetap disadarkan bahwa kesetiaan itu suatu keutamaan yang mesti dipertahankan dalam hidup ini. Hanya melalui kesetiaan yang sejati orang mampu membangun hidup yang lebih baik. Hanya melalui kesetiaan itu orang mampu membangun relasi yang saling menguntungkan dan membahagiakan.

Orang beriman mesti berusaha terus-menerus untuk mempertahankan kesetiaan sejati dalam hidup ini. Untuk itu, kesetiaan sejati mesti mampu bertahan sekalipun ada banyak mengalami rintangan dan tantangan. Kita mesti tetap berjuang, karena kesetiaan merupakan keutamaan yang membawa kebahagiaan dalam hidup kita. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

906

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.