Pages

27 Februari 2013

Berserah pada Rahmat Tuhan

 
Apa yang akan Anda lakukan ketika Anda terpuruk dalam kegagalan? Tentu Anda mencari berbagai usaha untuk keluar dari kegagalan itu.

Pada suatu zaman di Tiongkok, hiduplah seorang jenderal besar yang selalu menang dalam setiap pertempuran. Karena itulah, ia dijuluki “Sang Jenderal Penakluk” oleh rakyat.

Suatu ketika, dalam sebuah pertempuran, ia dan pasukannya terdesak oleh pasukan lawan yang berkali lipat lebih banyak. Mereka melarikan diri, namun terangsek sampai ke pinggir jurang. Saat itu, para prajurit Sang Jenderal menjadi putus asa dan ingin menyerah kepada musuh.

Sang Jenderal segera mengambil inisiatif. Ia berkata, “Wahai seluruh pasukan, menang – kalah sudah ditakdirkan oleh dewa-dewa. Kita akan menanyakan kepada para dewa, apakah hari ini kita harus kalah atau akan menang. Saya akan melakukan tos dengan keping keberuntungan ini! Jika sisi gambar yang muncul, kita akan menang. Jika sisi angka yang muncul, kita akan kalah! Biarlah dewa-dewa yang menentukan!”

Lalu Sang Jenderal melemparkan kepingnya untuk tos. Ternyata sisi gambar yang muncul! Keadaan itu disambut histeris oleh pasukan Sang Jenderal. Dengan semangat membara, bagaikan kesetanan mereka berbalik menggempur pasukan lawan. Akhirnya, mereka benar-benar berhasil menunggang-langgangkan lawan yang berlipat-lipat banyaknya. Pada senja sesudah kemenangan, seorang prajurit berkata kepada Sang Jenderal, “Kemenangan kita telah ditentukan dari langit, dewa-dewa begitu baik terhadap kita.”

Sambil melemparkan keping keberuntungan kepada prajurit itu, Sang Jenderal berkata, “Apa iya sih?”

Si prajurit memeriksa kedua sisi keping itu. Dia hanya bisa melongo ketika mendapati bahwa ternyata kedua sisinya adalah gambar.

Sahabat, motivasi dari luar untuk sukses dalam suatu usaha mendorong orang untuk melupakan kegagalan. Yang ada dalam pikiran orang adalah sukses, bukan gagal. Karena itu, orang berusaha sekuat tenaga untuk meraih sukses itu. Berbagai cara digunakan untuk memotivasi diri. Tentu saja hal ini menjadi hal positif yang mesti selalu dimiliki.

Kisah di atas menunjukkan bahwa motivasi yang positif membangkitkan semangat untuk meraih sukses. Kalau orang berusaha dengan baik, orang boleh mengharapkan kesuksesan itu dalam hidupnya. Orang tidak perlu merasa kecut hati, ketika upaya meraih kesuksesan itu kadang-kadang mengalami hambatan-hambatan.

Sebagai orang beriman, kesuksesan yang kita raih juga berkat bantuan Tuhan. Tuhan berperan dalam hidup kita. Tuhan tidak hanya menonton kita berusaha mati-matian untuk memajukan hidup kita. Tuhan ikut serta dalam setiap usaha dengan rahmatNya. Namun sering manusia kurang menyadari hal ini. Manusia lebih mudah meninggalkan Tuhan dan berjuang sendirian.

Karena itu, kita dituntut untuk senantiasa terbuka terhadap rahmat Tuhan itu. Dengan demikian, kita dapat meraih sukses dalam hidup kita. Hidup ini menjadi sungguh bermakna dan membahagiakan. Let’s move on and move up. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales SCJ

Majalah FIAT

950

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.