Pages

26 Mei 2012

Tumbuhkan Kesadaran untuk Lestarikan Hidup


Sadar atau tidak, lingkungan di mana kita hidup sudah lama tercemar. Akibatnya, air bersih menjadi hal yang mesti diperjuangkan terus-menerus. Apa yang akan Anda lakukann untuk menyediakan air bersih bagi kehidupan kita bersama?

Artis peran yang juga model Atiqah Hasiholan, enggan menutup mata terhadap buruknya kualitas air bersih di Indonesia. Putri perempuan aktivis Ratna Sarumpaet itu pun mulai giat mengampanyekan air sebagai bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM).

Atiqah berkata, ”Kesejahteraan terhadap lingkungan harus diperhatikan, seperti saat ini Indonesia sangat kekurangan air bersih.”

Untuk itu, ia mau terlibat dalam kegiatan untuk penyediaan air bersih. Ia tergerak untuk terlibat dalam kegiatan itu lantaran tergerak, ketika mengetahui kenyataan bahwa sebanyak 130 jiwa melayang karena kekurangan air bersih.

Ia berkata, ”Ini kenyataan yang sangat tragis. Banyak anak meninggal karena kekurangan air bersih.”

Menurut Atiqah, pentingnya air bersih harus disadari bersama. Air bersih menjadi dambaan semua orang. Karena itu, kesadaran semua orang terhadap hal ini menjadi sangat penting. Ia berkata, ”Penyelesaiannya sebenarnya logis sekali, melakukan kampanye air dari sekarang itu membuat kesadaran saya pribadi. Paling tidak saya tahu kalau air memang sangat penting untuk masyarakat.”

Sahabat, tak ada mahkluk hidup yang bisa bertahan hidup tanpa air bersih. Air yang bersih membantu manusia untuk melanggengkan hidupnya. Bayangkan kalau setiap hari Anda mendapatkan suplai air yang kurang bersih. Tentu saja tubuh Anda akan memberontak. Bentuknya adalah berbagai macam penyakit dapat bersarang di tubuh Anda. Mengapa? Karena tubuh manusia butuh air bersih untuk kelangsungan hidupnya

Untuk itu, apa yang dilakukan oleh Atiqah Hasiholan dengan mengampanyekan penyediaan air bersih menjadi sangat penting. Ia tidak hanya prihatin mendengar 130 orang meninggal karena kekurangan air bersih. Tetapi ia menggerakkan hati dan pikirannya, agar air bersih sungguh ada bagi kebutuhan manusia.

Setiap kita membutuhkan air bersih. Namun air bersih hilang dari kehidupan karena berbagai alasan. Misalnya, penggundulan hutan di hulu sungai. Akibatnya, banjir bandang menghanyutkan tanah dengan begitu mudah. Hal lain adalah pencemaran lingkungan oleh berbagai bahan kimia yang digunakan oleh manusia. Atau juga sampah-sampah yang dibuang ke dalam sungai yang menjadi sumber air bagi kehidupan

Karena itu, yang dibutuhkan dari manusia adalah kesadaran untuk memperjuangkan adanya air bersih bagi kehidupan manusia. Manusia mesti berhenti mengotori dirinya sendiri dengan mengonsumsi air yang tidak bersih. Untuk itu, manusia tidak perlu mencemari lingkungan hidupnya dengan penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan. Manusia juga mesti sadar bahwa membuang sampah di sungai akan berakaibat buruk bagi kesehatan dirinya sendiri.

Sebagai orang beriman, kita mesti memiliki kesadaran yang terus-menerus untuk ikut menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan bebas dari pencemaran. Dengan cara demikian, kita dapat menyelamatkan kehidupan kita sendiri. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

895

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.