Pages

18 Maret 2012

Renungan Hari Ini 879

Ketika Anda menghadapi tantangan dalam hidup, apa yang Anda lakukan? Anda putus harapan? Atau Anda berjuang untuk mengatasinya?

Ada seorang gadis yang ingin sekali melihat danau tiga warna di gunung Kelimutu, Flores Tengah. Untuk bisa melihat ketiga danau ini secara serempak, ia harus mendaki hingga tempat tertinggi. Soalnya adalah gadis ini menderita penyakit asma. Ia mengalami kesulitan untuk mendaki ratusan tangga yang terbentang di hadapannya. Apalagi udara sangat dingin di pagi hari menerpa tubuhnya. Ia cemas kalau-kalau penyakit asmanya kumat.

Karena itu, ia berhenti di tengah-tengah. Ia tidak mau melanjutkan pendakian. Ia tidak mau ambil resiko. Apalagi nafasnya sudah terengah-engah. Ia pun duduk sambil menikmati indahnya dua danau yang berdekatan, yaitu danau berwarna hijau dan biru. Namun kemudian muncul keinginan dalam dirinya untuk melangkahkan kaki lagi menuju puncak. Ia tidak mau menghabiskan waktu hanya duduk di tangga itu.

Ia pun berdiri. Dalam hati ia berkata, “Saya harus mengalahkan ketakutan yang ada dalam diri saya. Saya mesti berani untuk naik sampai ke puncak. Mungkin danau berwarna hitam itu menyimpan misteri yang perlu saya ketahui.”

Langkah-langkah kakinya pun menembus tangga-tangga yang ada di hadapannya. Di saat ia merasa capek, ia pun berhenti. Ia membiarkan dirinya diterpa angin dingin di pagi hari itu. Lantas ia melanjutkan lagi perjalanannya. Ia pun melewati semua anak tangga hingga puncak. Di sana ia menikmati indahnya danau berwarna hitam yang tenang. Ia berusaha untuk menghirup udara pagi yang segar.

Sahabat, apa yang akan Anda lakukan ketika Anda mengalami kesulitan dalam hidup? Tentu Anda berusaha untuk mencari jalan keluar. Anda tidak mau tenggelam dalam kesulitan-kesulitan itu. Anda mesti bangkit dari kesulitan-kesulitan itu dengan cara menemukan solusi-solusi terbaik.

Kisah tadi mau mengatakan kepada kita bahwa ketika orang takut terhadap dirinya sendiri, orang tidak akan bisa maju dalam hidupnya. Kebahagiaan hanyalah fatamorgana yang hampa. Keberhasilan dalam hidup hanyalah sebuah angan-angan yang sulit menjadi kenyataan.

Orang yang mau berusaha dengan menghadapi tantangan-tantangan akan menuai keberhasilan. Harapan untuk meraih kesuksesan dalam hidup bukan hanya sebuah dambaan kosong. Namun harapan itu menjadi kenyataan ketika orang berani menguasai rasa takut dalam dirinya. Tantangan bukan menjadi sesuatu yang mesti ditakuti. Justru tantangan-tantangan itu menjadi motivasi untuk meraih kesuksesan dalam hidup.

Sebagai orang beriman, tentu kita tidak mau berjuang sendirian di kala menghadapi berbagai tantangan. Kita ingin bekerja bersama Tuhan dalam mengatasi berbagai persoalan hidup ini. Karena itu, kita diajak untuk senantiasa membuka hati kita lebar-lebar bagi rahmat Tuhan. Kita mesti meminta pertolongan Tuhan, ketika hidup ini terasa kurang menyenangkan. Dengan demikian, kita memiliki semangat dalam meraih kesuksesan dalam hidup ini. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ


879

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.