Pages

30 November 2009

Membangun Persahabatan yang Menguntungkan




Ada seorang pemuda yang mengalami betapa hidup itu begitu berat. Ia berjumpa dengan begitu banyak orang dalam hidupnya. Namun ia tidak dapat menjalin persahabatan yang sungguh-sungguh mendalam dengan orang-orang itu.

Menurut beberapa orang yang pernah menjadi sahabatnya, pemuda itu memiliki kecenderungan untuk tidak mau mengalah. Ia juga selalu merasa diri sibuk. Ia selalu merasa tidak punya waktu untuk orang lain. Padahal ia selalu memaksa teman-temannya untuk mempunyai waktu bagi dirinya.

Karena itu, orang-orang yang pernah menjalin persahabatan dengannya terpaksa meninggalkan ia seorang diri. Ia menjadi seorang yang pemurung. Ia mengalami kesepian yang begitu mendalam.

Suatu hari, ia mencoba untuk bunuh diri dengan menggantung diri. Namun nyawanya diselamatkan oleh seorang temannya yang dulu sangat dibencinya. Beberapa saat ia sempat pingsan. Setelah sadar, ia mulai insaf akan cara hidupnya. Sejak saat itu ia mulai mengubah pandangan hidupnya.

Ia mulai menata kembali hidupnya. Ia berusaha sedapat mungkin untuk keluar dari persoalan yang ia hadapi. Kini ia mulai menyediakan waktu sebanyak-banyaknya untuk orang yang menjadi teman-temannya. Ia tidak mau menyibukkan diri dengan hal-hal yang kurang berguna.

Pemuda itu mulai membangun suatu waktu yang berkualitas. Artinya waktu yang ia isi dengan kegiatan bersama yang menyenangkan bagi dirinya dan bagi teman-temannya. Waktu itu ia gunakan untuk membangun relasi yang baik dengan teman-temannya.

Dalam hidup ini persahabatan itu sangat penting. Kita membangun persahabatan bukan hanya untuk kebaikan diri kita sendiri. Tetapi kita juga membantu sesama untuk mengenal lebih dalam siapa dirinya. Karena itu, persahabatan yang baik itu mesti kita isi dengan nilai-nilai yang memperjuangkan kehidupan. Misalnya, suatu kegiatan yang membantu sesama untuk lebih menyadari betapa hidup itu berguna dan penting.

Ada orang yang mulai membahas tentang mempertahankan kehidupan. Dengan demikian orang itu mulai mempromosikan anti aborsi kepada teman-temannya. Ia juga dapat mengajak teman-temannya untuk menjauhi narkoba. Ia mengajak teman-temannya memilih kegiatan-kegiatan yang positif.

Hidup itu indah. Demikian pula betapa indah kita memiliki sahabat-sahabat yang baik dan setia dalam hidup ini. Karena itu, mari kita berusaha untuk membangun persahabatan yang membantu kita dan sesama menemukan identitas diri kita masing-masing. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

NB: Dengarkan Renungan Malam di Radio Sonora (FM 102.6) untuk mereka yang tinggal di Palembang dan sekitarnya, pukul 21.55 WIB.

246

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.