Pages

02 Oktober 2009

Berdoa Itu Mendengarkan Kehendak Tuhan


Pernahkah Anda memerhatikan murid TK belajar mewarnai gambar? Umumnya, anak-anak itu menghadapi dua macam kesulitan. Pertama, mereka sulit mencari warna yang cocok dengan gambarnya. Kedua, mereka mencoret-coretkan pensil atau spidol berwarna keluar dari garis batas gambar yang ada. Hasilnya tidak bagus untuk dilihat.

Tetapi ketika usia anak-anak itu bertambah dan kemampuan mereka juga makin berkembang, mereka dapat memilih warna yang cocok. Hasil karyanya tidak lagi keluar dari garis batas yang ada pada gambar itu. Dengan demikian kita akan melihat hasil karya yang bagus dan memuaskan.

Doa yang baik itu tidak langsung jadi. Doa itu mengalami proses dalam hidup manusia. Awalnya doa kita masih banyak salah. Doa kita masih seperti ungkapan hati anak-anak. Lambat laun doa kita menjadi doa yang baik dan lebih berkenan kepada Tuhan. Doa kita menjadi lebih bermakna.

Namun semua itu mesti dijalani dengan tekun. Doa itu mesti selalu dipanjatkan kepada Tuhan. Kadang orang merasa jemu untuk berdoa kepada Tuhan. Orang merasa bosan untuk berdoa. Apalagi orang jatuh ke dalam rutinitas dalam berdoa. Rutinitas akan membawa orang pada kebosanan dalam berdoa.

Untuk itu, orang beriman mesti membangun hidupnya dengan baik. Tuhan akan selalu memberi kekuatan kepada kita. Tuhan yang mahapengasih dan penyayang itu senantiasa memberikan yang terbaik bagi kebutuhan hidup kita.

Karena itu, kita mesti selalu belajar untuk bertumbuh dan berkembang dalam relasi kita dengan Tuhan. Kita mesti terus-menerus berusaha untuk menghidupi kasih Tuhan dalam hidup kita. Hanya dengan menghidupi kasih Tuhan itu, kita akan menjadi manusia yang berkenan kepada Tuhan.

Dengan membangun relasi yang baik dengan Tuhan, kita akan menemukan kehendak Tuhan bagi hidup kita. Kata orang, Tuhan itu hanya seinchi dari kaki kita. Artinya, Tuhan begitu dekat dengan kita. Tuhan ada di hadapan kita. Sering kita lupa bahwa Tuhan selalu berada di dekat kita. Akibatnya, kita melakukan hal-hal yang kurang berkenan kepadaNya.

Mari kita menyadari kehadiran Tuhan dalam hidup kita dengan memanjatkan doa-doa kepadaNya. Dengan demikian kita mampu melaksanakan kehendak Tuhan dalam hidup kita. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

NB: Dengarkan Renungan Malam di Radio Sonora (FM 102.6) untuk mereka yang tinggal di Palembang dan sekitarnya, pukul 21.55 WIB.





185

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.