Pages

24 Mei 2011

Berusaha Memiliki Tubuh yang Sehat


Mengkonsumsi makanan yang bergizi sangat penting bagi hidup manusia. Makanan yang mengandung gizi yang baik akan membantu tubuh manusia untuk bertahan terhadap berbagai serangan penyakit. Orang yang mengalami gizi buruk akan rentan terhadap berbagai penyakit.

Salah satu makanan yang bergizi adalah beras merah. Meski beras merah tampak lebih keras, namun beras ini mengandung banyak protein yang berguna untuk tubuh manusia. Selain mengandung karbohidrat juga kaya protein dan mengandung mineral dan vitamin. Tepung beras merah pecah kulit dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker usus, batu ginjal, beri-beri, insomnia, sembelit, wasir, gula darah, dan kolesterol. Warna merah pada beras terbentuk dari pigmen antosianin yang dikandungnya.

Cathy Sharon, seorang selebriti termasuk seorang yang gemar mengkonsumsi nasi dari beras merah Menurutnya, beras merah baik untuk kesegaran tubuh. Karena itu, demi mendapatkan nasi merah, Cathy Sharon lebih senang makan di kantin karyawan di lokasi parkir mobil lantai ruang bawah tanah Pondok Indah Mal, Jakarta. Meskipun tak senyaman dan tak sesejuk tempat makan di dalam mal, setiap pekan Cathy pasti mampir makan nasi merah di kantin itu sebelum atau setelah melakukan olahraga di gymnasium mal itu.

Tentang nasi beras merah, ia berkata, ”Aku emang doyan nasi merah. Kata pelatih pribadiku, ada satu warung aja di kantin itu yang jual nasi beras merah.”

Sahabat, sering orang tidak peduli dengan apa yang dikonsumsi. Orang merasa bahwa makan itu yang penting kenyang. Tidak peduli apa mutu makanan tersebut. Karena itu, orang kurang peduli apakah makanan yang dikonsumsi itu memiliki nilai gizi yang baik atau tidak. Padahal makanan yang dikonsumsi itu juga berpengaruh terhadap tubuh manusia.

Karena itu, orang mesti memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi yang baik. Di zaman di mana tantangan hidup begitu tinggi, orang tidak bisa makan asal kenyang. Orang mesti mengkonsumsi makanan yang sungguh-sungguh memiliki gizi yang tinggi. Gizi yang baik itu mampu mengganti sel-sel tubuh yang aus karena penuaan. Gizi yang baik itu mampu menguatkan kondisi tubuh yang lemah.

Untuk itu, orang mesti sungguh-sungguh berusaha untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi yang baik. Dengan demikian, kondisi tubuh orang tetap terjamin. Kondisi tubuh orang dapat bertahan terhadap berbagai penyakit dengan gizi yang baik itu. Karena itu, kesadaran untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi baik itu mesti selalu ditanamkan dalam diri. Orang mesti berani mengorbankan apa yang dimiliki untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi itu.

Sebagai orang beriman, kita mesti selalu menyadari kebutuhan tubuh kita terhadap gizi yang baik. Mensuplai tubuh kita dengan gizi yang baik berarti kita mau memelihara tubuh kita. Mari kita berusaha untuk mengkonsumsi gizi yang baik, agar hidup kita segar dan sehat. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ


683

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.