Pages

29 Mei 2011

Membangun Kesadaran untuk Mencintai Alam


Alam yang kita hidupi sekarang ini merupakan bagian dari hidup kita. Alam yang indah dengan hutan yang menghijau atau air sungai yang alami tidak lagi mendominasi negeri ini. Mengapa? Karena keindahan alam itu telah hilang oleh berbagai tindak pengrusakan.

Karena itu, sekarang ini tampak alam seolah-olah ganas terhadap kehidupan manusia. Banjir terjadi di banyak tempat di musim hujan. Kebakaran menghanguskan begitu banyak hutan alami di musim kemarau. Apa yang mesti kita buat untuk kelestarian lingkungan hidup ini?

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault (48) punya cara sendiri untuk melestarikan lingkungan alam. Selepas dari jabatan menteri, ia memfokuskan diri di dunia pendidikan dan kepencintaalaman. Dunia politik untuk sementara ditinggalkan walau ada tawaran jadi petinggi sebuah partai. Adhyaksa lebih memilih jadi Ketua Umum Vanaprastha, kelompok pencinta alam yang membina generasi muda agar mencintai alam dan Tanah Air.

Tentang hal ini, ia berkata, ”Saya bangga menjadi Ketua Umum Vanaprastha dibandingkan dengan pemimpin sebuah partai. Lingkungan kita sekarang dalam kondisi memprihatinkan. Degradasi dan deforestasi hutan mencapai 2 juta hektar per tahun. Tutupan hutan terus berkurang.”

Dia mengatakan tidak berpolitik dulu. Ia berkata, ”Saya ingin serius dalam masalah lingkungan, dengan menumbuhkan kesadaran cinta alam dan cinta Tanah Air di kalangan generasi muda.”

Sahabat, kesadaran untuk mencintai lingkungan hidup mesti menjadi opsi utama dari setiap orang. Mengapa? Karena ketika lingkungan hidup itu hilang, manusia akan mengalami kegundahan dalam hidupnya. Air tidak cukup lagi untuk kebutuhan hidup manusia, karena hutan yang menyediakan air itu telah hilang. Asap yang senantiasa menyelimuti daerah-daerah kita di musim kemarau akan membuat hidup kita tidak nyaman. Kita akan merasa hidup kita selalu terganggu oleh panas dan debu yang beterbangan.

Untuk itu, sejak dini kita mesti mendidik anak-anak kita untuk menyelamatkan lingkungan hidup yang sangat penting bagi hidup kita. Anak-anak kita mesti dilatih untuk mencintai tanaman yang ada di sekitar mereka. Mereka diberi pengertian untuk tidak dengan mudah menebang pohon atau merusak tanaman yang ada. Dengan demikian, mereka dapat tumbuh menjadi orang-orang yang mencintai lingkungan ini.

Sebagai orang beriman, kelestarian dan keselamatan lingkungan hidup merupakan tugas utama kita. Kita dipanggil untuk menemukan cara-cara yang terbaik untuk melestarikan lingkungan hidup kita. Untuk itu, kita mesti berusaha keras untuk mengubah cara hidup kita yang cuek terhadap kelestarian lingkungan. Kita mesti menjadi orang-orang yang peduli terhadap kelestarian dan keselamatan lingkungan hidup. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

688

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.