Pages

16 November 2013

Kritis untuk Hidup Lebih Baik

 
Apa yang terjadi ketika Anda mengkonsumsi obat-obatan yang berlebihan? Pasti Anda akan mengalami ketidakseimbangan dalam hidup ini.

Artis Sienna Miller (30) kuatir dengan berbagai macam obat yang diresepkan dokter di Los Angeles, Amerika Serikat. Dia merasa mendapat resep obat dengan kadar zat adiktif yang tinggi untuk membunuh rasa sakit, yang tidak dibutuhkan oleh dirinya.

Kepada majalah Vogue, Miller mengatakan, semua orang di Los Angeles kecanduan obat-obatan karena sering diresepkan dokter. Bahkan, beberapa artis terkenal yang kecanduan obat penghilang rasa sakit, seperti Steven Tyler dan Gerard Butler, harus masuk ke tempat rehabilitasi.

”Aku sudah diberi resep obat Vicodin, dikatakan untuk menghilangkan rasa sakit. Padahal, aku benar-benar tidak membutuhkannya. Ini benar-benar resep heroin yang bisa membuat kecanduan,” kata Sienna.

Sahabat, setiap orang tentu ingin sehat. Tidak ada orang yang ingin sakit. Ketika orang mengalami sakit, orang cepat-cepat pergi ke dokter untuk memeriksakan diri. Orang kemudian diberi obat sesuai dengan penyakitnya. Namun orang juga mesti kritis berkenaan dengan obat yang diberikan kepadanya. Orang tidak bisa begitu saja mengkonsumsi obat-obat dengan dosis tinggi.

Pengalaman Artis Sienna Miller menjadi contoh bagi kita untuk tetap hati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan. Ia kritis. Ia mampu membaca situasi dirinya. Ia juga belajar dari pengalaman-pengalaman orang-orang lain. Yang ia jaga adalah keselamatan dirinya. Ia sungguh-sungguh mencintai kehidupan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga mesti kritis. Mengapa? Karena pengetahuan kita yang terbatas dapat memicu kita untuk mengikuti apa saja resep obat yang diberikan kepada kita. Kita mengkonsumsinya tanpa memikirkan dampak negatif dari obat-obat kimia itu. Setiap obat kimia memiliki efek samping. Bisa saja efek samping itu bereaksi dalam waktu yang singkat. Tetapi bisa saja bereaksi dalam waktu yang panjang.

Yang kita inginkan adalah kita mempertahankan hidup ini selama mungkin. Tuhan telah memberi kita kesempatan untuk hidup. Karena itu, kita ingin menjalani hidup ini dengan baik dan sehat. Sikap kritis dalam mengkonsumsi obat-obatan menjadi hal yang penting bagi kita. Hanya dengan hidup sehat, kita mampu mengarahkan hidup ini untuk memuji dan memuliakan Tuhan.

Mari kita perjuangkan hidup ini. Dengan demikian, hidup ini memiliki makna yang mendalam. Kita boleh mengalami damai dan sukacita dalam hidup ini. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales SCJ

Majalah FIAT

981

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.