Pages

10 September 2009

Berusaha Menggapai Kebahagiaan



Lionel Richie adalah seorang penyanyi legendaris yang bisa bertahan selama empat decade. Selama karirnya, pria berusia 56 tahun itu telah meraih lima Grammy Awards. Ia mengatakan bahwa sumber insprasi dari lagu-lagunya adalah ayah dan ibunya sendiri. Kebanyakan lagu yang diciptakan ia tulis saat tinggal bersama ayah ibunya di Alabama, USA. Dan tiga dari 5 Grammy Awards itu didapatkan dari lagu-lagu yang diciptakannya ketika tinggal bersama mereka. Luar biasa.

Ketika ditanya tentang apa yang paling berarti dalam hidupnya, Richie mengatakan ada tiga hal. Pertama, keluarga. Dia berkata, “Saya mempunyai tiga anak yang sangat mengagumkan. Mereka bertiga itulah yang menjadi kritikus saya yang paling loyal. Mereka memberi saran-saran tentang lagu atau pakaian yang saya kenakan di panggung.” Kedua adalah ia menikmati pekerjaannya dalam bermain musik. Ia mendambakan pekerjaan itu sejak kecil. Karena itu, ia sungguh-sungguh menikmatinya. Hal ketiga adalah kesehatan. Meskipun sudah berusia 56 tahun, Rechie masih tampak segar bugar dan energik.

Ketika ditanya resepnya, ia mengatakan ada tiga hal. Pertama, ia menikmati penampilannya di panggung. Selama dua setengah jam pentas di panggung, ia berkeringat dan merasa benar-benar sehat seperti berolahraga. Kedua, faktor keturunan. Nenek dari pihak ibunya meninggal pada usia 104 tahun dan ayahnya mencapai umur 98 tahun. Ketiga, ia berusaha selalu merasa bahagia.

Menarik sekali resep hidup Lionel Richie. Kebahagiaan dalam hidup itu membantu seseorang memiliki usia yang panjang dan sehat. Hidup yang bahagia itu tidak mesti ditandai dengan kesuksesan di berbagi bidang kehidupan. Ukuran hidup bahagia itu juga tidak diukur dari banyaknya harta yang dimiliki. Justru orang akan memiliki hidup yang bahagia, ketika ia hidup aman dan tenteram.

Gangguan-gangguan dalam hidup sering muncul ketika orang merasa hidup ini mesti dipenuhi dengan berbagai fasilitas hidup. Akibatnya, orang berusaha sekuat tenaga untuk mencurahkan seluruh hidupnya untuk mengejar fasilitas hidup itu. Mereka menyangka bahwa hanya dengan cara itu mereka menemukan kebahagiaan dalam hidup. Ketika keinginan tidak tercapai, mereka akan mengalami frustrasi dalam hidup. Kebahagiaan tidak tercapai.

Sebagai orang beriman, kita mesti memiliki keyakinan bahwa kebahagiaan hidup itu dapat ditemukan dalam relasi yang baik dengan Tuhan dan sesama. Untuk itu, membangun relasi yang baik itu sangat penting dalam hidup ini. Hidup akan menjadi lebih bahagia, kalau orang berani menyerahkan hidup kepada Tuhan. Kita yakin bahwa Tuhan yang baik itu senantiasa menyertai perjalanan hidup kita. Hanya Tuhan yang mampu memberikan kebahagiaan sejati kepada kita.

Karena itu, mari kita biarkan Tuhan terlibat dalam hidup kita. Kita beri kesempatan kepada Tuhan untuk masuk dan tinggal di dalam hati kita. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

NB: Dengarkan Renungan Malam di Radio Sonora (FM 102.6) untuk mereka yang tinggal di Palembang dan sekitarnya, pukul 21.55 WIB.
162

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.