Pages

15 November 2011

Segera Mulai Lakukan Sesuatu

Anda punya masalah dalam menyelesaikan suatu pekerjaan? Mengapa Anda punya masalah? Ada banyak alasan tentunya. Namun satu hal yang mesti Anda perhatikan adalah Anda mesti berani mulai untuk menyelesaikan masalah Anda.

Selama bertahun-tahun seorang petani tua terpaksa membajak di sekeliling sebuah batu besar di salah satu petak sawahnya. Batu itu telah mematahkan beberapa mata bajak dan sebuah cangkul miliknya. Semakin hari, batu itu makin menyusahkan petani itu.

Suatu hari, setelah mata bajaknya kembali patah dan teringat akan berbagai kesulitan yang telah ditimbulkan batu itu, akhirnya ia memutuskan melakukan sesuatu. Ia menancapkan linggis ke dasar batu itu. Betapa terkejutnya dia karena ternyata tebal batu itu hanya sekitar 30 cm.

Dengan menggunakan palu besar, batu itu pun dihancurkannya. Sambil menggeleng-gelengkan kepala, petani itu tersenyum. Ia malu pada dirinya sendiri. “Seharusnya saya dapat mengatasi batu ini sejak pertama kali saya temukan batu ini. Kalau itu terjadi, saya tidak perlu bersusah-susah sampai bertahun-tahun,” katanya.

Sahabat, banyak orang suka menunda-nunda untuk melakukan sesuatu yang sangat berguna bagi hidupnya dan sesamanya. Akibatnya, mereka sering mengalami kesulitan dalam hidup ini. Beban semakin berat, karena tumpukan pekerjaan atau masalah yang tidak pernah diselesaikan.

Kisah tadi mau mengatakan kepada kita bahwa kita tidak perlu menunda-nunda untuk menyelesaikan suatu masalah. Kalau kita menunda, bayarannya akan lebih besar. Resiko yang diakibatkannya itu akan lebih besar. Petani itu telah membuang banyak waktu, pikiran dan alat-alat pertaniannya. Ia tidak berani mengambil langkah sejak awal. Ia menunda-nunda. Ketika ia berani mengambil tindakan, ternyata ia menemukan kemudahan dalam menyeleksaikan persoalannya.

“Tragedi kehidupan terjadi adalah bukan karena hidup berakhir sedemikian cepat, tetapi karena kita menunggu demikian lama untuk memulainya,” kata seorang bijaksana.

Betul! Kita tidak akan pernah tahu, kalau kita tidak pernah memulai. Kalau kita tidak pernah memulai, lalu kapan kita akan menyelesaikan, apalagi menikmatinya?

Luka yang ada di kaki kita akan segera sembuh, kalau kita segera mengobatinya. Tetapi kalau kita biarkan saja dengan mengatakan nanti juga sembuh, kita mesti siap-siap untuk menderita lebih lama. Keadaan tidak selalu baik. Orang yang menunda bertindak sampai semua faktor mendukung, sebenarnya tidak akan mengerjakan apa pun. Penundaan tidak akan pernah menyelesaikan suatu masalah.

Orang beriman senantiasa punya iman dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Karena itu, orang mesti berani mengambil tindakan yang cepat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau suatu masalah yang dihadapi. Dengan demikian, orang tidak perlu menimbun pekerjaan atau masalah dalam hidupnya. “Siapa senantiasa memperhatikan angin tidak akan menabur; dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai” kata seorang bijak (Pkh. 11:4).

Jangan pernah menunda apa yang seharusnya kita lakukan hari ini. Jangan sampai bahwa pada akhirnya yang datang hanyalah penyesalan tiada akhir. Anda tidak perlu menunggu berhasil untuk melakukan sesuatu, sebab Anda tidak akan berhasil, jika tidak mulai melakukan sesuatu. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.