Pages

27 September 2010

Memberikan Tanggapan yang Positif terhadap Sesama

Seorang bapak selalu memberikan tanggapan yang positif terhadap hal-hal yang dilakukan oleh anak-anaknya. Menurutnya, tanggapan positif itu membantu anak-anaknya untuk bertumbuh dengan lebih baik. Namun tidak berarti ia begitu toleran terhadap perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji yang dilakukan anak-anaknya. Ia tetap kritis terhadap mereka.

Ketika anak-anaknya itu melakukan hal-hal yang baik, ia selalu memberikan tanggapan yang positif. Ia tidak segan-segan memberikan pujian-pujian kepada mereka. Hasilnya? Anak-anaknya bertumbuh menjadi anak-anak yang baik. Mereka memiliki sopan santun yang baik. Mereka memiliki rasa hormat yang tinggi terhadap sesamanya. Mereka juga memiliki prestasi yang tinggi di sekolah, karena mereka mendapat semangat dari sang bapak.

Dengan kondisi seperti itu, semua anaknya meraih cita-cita mereka. Mereka hidup dengan jujur dan damai dengan semua orang. Ketika ditanya tentang sikapnya, bapak itu menjawab, “Sebagai orangtua saya mesti memberikan dukungan kepada anak-anak saya. Dengan memberikan tanggapan yang positif terhadap usaha-usaha mereka, mereka dapat bertumbuh dan berkembang dengan lebih baik.”

Sahabat, pernahkah Anda memberikan tanggapan yang positif terhadap setiap usaha yang dilakukan oleh sesamamu? Mungkin banyak dari kita yang lebih mudah memberikan penilaian yang negatif terhadap usaha-usaha sesamanya. Banyak dari kita yang merasa bahwa apa yang dilakukan oleh sesamanya itu kurang punya nilai yang tinggi. Banyak dari kita yang merasa bahwa hasil pekerjaan kita lebih bernilai tinggi.

Tentu saja situasi seperti ini mudah membuat sesama kita loyo dan gampang putus asa. Apa yang sudah dilakukannya ternyata kurang mendapatkan tanggapan yang positif. Mengapa situasi ini bisa terjadi? Karena orang memiliki egoisme yang tinggi. Orang kurang rela memberikan suatu tanggapan yang positif terhadap sesamanya. Orang memandang dirinya lebih baik dari yang lain. Tindakan yang benar dan baik hanya ada pada dirinya. Sedangkan orang lain melakukan sesuatu yang tidak lebih baik dari dirinya.

Hal seperti ini tentu saja membuat orang tidak bisa maju dalam hidupnya. Semestinya orang berani memberikan tanggapan yang positif terhadap hasil kerja sesamanya. Bahkan kalau boleh memberikan pujian terhadapnya. Mengapa? Dengan tanggapan yang positif dan pujian yang membangun orang akan lebih giat lagi dalam usahanya. Orang akan bertumbuh dan berkembang menjadi orang yang lebih berguna bagi Tuhan dan sesamanya.

Karena itu, sebagai orang beriman, kita mesti rela untuk memberikan tanggapan yang positif terhadap hasil kerja sesama kita. Kita memberikan pujian-pujian yang mendorong orang tersebut untuk lebih maju lagi dalam hidupnya. Dengan demikian, semakin banyak orang baik yang menghuni bumi ini. Semakin banyak orang berusaha untuk menciptakan damai bagi sesamanya. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

NB: Dengarkan Renungan Malam di Radio Sonora (FM 102.6) untuk mereka yang tinggal di Palembang dan sekitarnya, pukul 21.55 WIB.

Juga bisa dibaca di: http://inspirasi-renunganpagi.blogspot.com

510

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.