Pages

22 September 2010

Pentingnya Kehadiran bagi Sesama



Ada seorang manager sebuah perusahaan yang sangat disukai oleh para karyawannya. Salah satu hal yang sangat berkesan dari para karyawan adalah manager tersebut sangat peduli terhadap mereka. Ia selalu hadir bersama mereka.

Kehadirannya itu tidak hanya di perusahaan. Tetapi ia juga hadir ketika para karyawan atau orang-orang dekat para karyawannya itu mengalami musibah. Kehadirannya memberikan makna yang begitu mendalam. Kehadirannya itu menguatkan para karyawannya. Kehadirannya memberi motivasi kerja yang sangat tinggi dari para karyawannya. Apalagi ia selalu tampil bersahabat dengan semua orang.

Hasilnya, perusahaan yang dipimpinnya mengalami kemajuan yang sangat pesat. Tidak terjadi krisis di dalam perusahaan itu meski krisis ekonomi melanda dunia. Dengan caranya yang khas, manager tersebut meyakinkan para karyawannya bahwa kalau mereka mau berusaha, krisis tidak akan pernah melanda hidup mereka.

Hal yang juga mengagumkan adalah para karyawan itu sangat percaya kepadanya. Mereka memberikan seluruh hidup mereka untuk kemajuah perusahaan itu. Perusahaan ini tidak pernah ditinggalkan oleh para karyawannya. Bahkan di saat krisis melanda dunia, perusahaan ini malah menambah tenaga kerja. Hal seperti ini sulit sekali ditemukan di perusahaan-perusahaan lain yang menerapkan pendekatan yang berbeda.

Sahabat, kehadiran itu sesuatu yang penting dalam hidup ini. Kehadiran itu seperti kado yang tak ternilai harganya. Kehadiran dari seorang pemimpin memberi nilai lebih kepada mereka yang dipimpin. Kehadiran itu memberikan rasa percaya diri dan rasa cinta yang begitu besar.

Bayangkan kalau Anda sedang jatuh cinta kepada seseorang, tetapi orang yang bersangkutan tidak pernah hadir dalam hidup Anda. Apa yang akan terjadi? Yang terjadi adalah Anda merasa jauh. Anda merasa tidak dihargai. Anda tidak percaya terhadap orang yang Anda cintai itu.

Karena itu, yang dibutuhkan adalah kehadiran yang menciptakan suasana kedekatan. Suatu suasana di mana orang dapat saling memandang. Suasana di mana orang dapat berkomunikasi satu sama lain. Orang saling mencurahkan isi hatinya kepada yang lain.

Suasana untuk berbagi perasaan menjadi sesuatu yang indah. Suatu saat yang meneguhkan relasi. Suatu saat yang memberi motivasi untuk hidup semakin lebih baik dan baik lagi. Untuk itu, dalam kehadiran itu dibutuhkan suatu keinginan untuk membangun hidup lebih baik lagi. Kehadiran itu tidak hanya untuk kehadiran. Kehadiran itu untuk memajukan kehidupan. Kehadiran itu ada untuk menciptakan suasana kasih sayang.

Mari kita berusaha untuk hadir dalam hidup sesama kita. Kita dapat memberikan dukungan dan dorongan bagi sesama untuk semakin bertumbuh dalam iman, pengharapan dan cinta kasih. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

NB: Dengarkan Renungan Malam di Radio Sonora (FM 102.6) untuk mereka yang tinggal di Palembang dan sekitarnya, pukul 21.55 WIB.

Juga bisa dibaca di: http://inspirasi-renunganpagi.blogspot.com

505

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.