Pages

26 Juli 2010

Berusaha Memberikan Dukungan kepada Sesama



Ada seorang bapak yang selalu menilai pekerjaan anaknya dengan angka lima. Setiap pekerjaan yang baik dan menakjubkan yang dilakukan anaknya tidak pernah mendapat tepuk tangan dari sang bapak. Tidak ada jempol yang diangkat sang bapak untuk prestasi-prestasi yang diraih sang anak.

Namun sang anak tidak pernah patah semangat. Ia tetap berjuang. Ia tidak menghiraukan tingkah laku ayahnya. Ia terus-menerus mempelajari ilmu-ilmu yang digemarinya. Prestasi demi prestasi ia raih. Ia menjadi anak yang sangat pandai di kelasnya.

Ketika ditanya tentang dukungan ayahnya, anak itu menjawab, “Saya tahu ayah saya mendukung saya dengan caranya sendiri. Ayah sengaja memacu saya dengan memberi saya nilai yang rendah. Tidak apa-apa. Saya tidak patah semangat. Saya tetap berjuang. Saya bersyukur, ayah saya masih mendukung saya dengan caranya sendiri.”

Setiap orang mengharapkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya. Setiap orang ingin didukung dengan baik. Orang ingin diberi nilai yang baik. Apalagi penilaian itu datang dari orang-orang yang terdekat dalam keluarganya. Penilaian yang baik itu sungguh memiliki makna yang mendalam.

Karena itu, orang diharapkan memiliki sikap baik hati terhadap sesamanya. Orang mesti berani memberikan penilaian yang obyektif terhadap setiap prestasi yang diraih oleh sesamanya. Dengan begitu, penilaian itu dapat membantu sesama untuk bertumbuh dan berkembang dalam hidupnya. Suatu penilaian yang baik tentu akan membantu orang untuk semakin bergairah dalam hidupnya.

Kisah tadi mau mengatakan kepada kita bahwa penilaian terhadap seseorang tidak selamanya baik. Namun penilaian yang kurang baik itu ternyata dapat memacu seseorang untuk bertumbuh dan berkembang dengan sangat efisien. Orang menjadi tahan uji. Orang dapat menjadi semakin giat untuk meraih kesuksesan dalam hidupnya. Hal ini bisa terjadi kalau orang mampu melihat suatu penilaian negatif dari sudut pandang positif.

Sebagai orang beriman, kita diharapkan untuk senantiasa memberikan dukungan yang baik kepada sesama kita. Dukungan itu membantu sesama untuk bertumbuh dan berkembang dengan baik dalam hidupnya.

Mari kita berusaha untuk memberikan dukungan kepada sesama kita, terutama sesama yang sedang mengalami dukacita dan kegagalan dalam hidupnya. Dengan demikian, sesama tersebut dapat menemukan kekuatan untuk menjalani hidup ini. Tuhan memberkati. **



Frans de Sales, SCJ

NB: Dengarkan Renungan Malam di Radio Sonora (FM 102.6) untuk mereka yang tinggal di Palembang dan sekitarnya, pukul 21.55 WIB.

Juga bisa dibaca di: http://inspirasi-renunganpagi.blogspot.com


450

Bagikan

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.